Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 10 Maret 2012

Kualitas Musik Indonesia


          
          Akhir-akhir ini saya sering melihat kemudian membacanya (tidak hanya melihat) artikel ataupun yang hanya sebuah komentar para penikmat musik tanah air, mengatakan bahwa yang intinya mereka itu kurang menikmati musik Indonesia di jaman sekarang (antara tahun 2008-saat in). Tidak hanya orang biasa saja yang mengatakan demikian, tapi para musisi papan ataspun juga berkomentar demikan.
           Mungkin jika kita lihat dari segi audio, kualitas musik Indonesia jaman sekarang dikatakan dibawah kualitas musik barat era 80-90an. Kemudian jika kita lihat mengenai fill in para personil pemusik Indonesia jaman sekarang, rasanya kurang 'nggreget' di telinga daripada pemusik Indonesia era 90an. Mungkin itu salah satu penyebabnya mengapa musisi papan atas terutama musisi era 90an mulai angkat bicara.
      Ada satu hal lagi yang mungkin juga salah satu penyebab turunnya kualitas musik ndonesia, yaitu masalah bisnis. Disini peran para produser rekaman label-label besar di Indonesia sangat berperan penting dalam pemasaran dan juga seberapa besar kepopuleran artis yang dipegangnya. Para produser lebih mengedepankan strateginya tentang bagaimana caranya semua hasil karya dari penyanyi/band yang dikiperinya mampu menembus pasar target sebanyak-banyaknya, daripada mengedepankan kualitas dari hasil karya-karya mereka.
          Walaupun memang tidak semua penyanyi/band memiliki kualitas yang menurun, tapi setidaknya mereka mau membandingkan karya mereka sendiri dengan karya-karya seniornya. Mereka para musisi senior yang sampai sekarang masih berkarir dapat kita jadikan motivator untuk berkarya seindah mungkin, karena kita adalah tunas seniman musik anyar yang bakal meneruskan karir mereka. Dan untuk para pemusik jaman sekarang, marilah berintrospeksi ria, berfikir sejenak "apakah hasil karya kita lebih mengedepankan gampangnya kepopuleran semata atau mengedepankan kualitas hasil karya kita sendiri?". Setidaknya mereka para senior sudah membuktikan kualitasnya di Indonesia maupun di kancah Internasional.


















Terima kasih sudah mau datang dan membaca artikel saya yang sederhan ini.

0 komentar:

Posting Komentar